Manfaat tersembunyi tumbuhan genjer


 Tumbuhan genjer biasanya di konsumsi sebagai teman lalapan ataupun di masak, mungkin sebagian masyarakat masih terdengar asing dengan tumbuhan yang satu ini, atau jarang yang melihatnya dan terlebih lagi mengkonsumsinya.

Genjer adalah tumbuhan paku yang bisa hidup dirawa atau di sawah, genjer sering di temukan di hidangan lotek atau sejenisnya,namun tidak semua kalangan mengenal dan mengkonsumsi tumbuhan yang satu ini. Pada kesempatan ini saya akan mengulas mengenai genjer dan manfaaat genjer untuk kesehatan, tumbuhan ini sudah sangat jarang di konsumsi padahal rasanya cukup enak dan mempunyai kandungan gizi dan nutrisi.

Setiap 100 gram genjer mengandung energi 399 kkal,mengandung protein 1,7 gram, karbohidrat 7,7 gram, kalisum 62 mg,  fosfor 33 mg, dan zat besi 2,1 mg. Selain itu tumbuhan genjer ini mengandung serat yang baik untuk menjaga saluran sistem pencernaan. Jika anda sering mengkonsumsi tumbuhan genjer, dipercaya dapat mencegah kanker kolon dan sembelit.

Tumbuhan ini bermanfaat untuk menambah nafsu makan, jika anda sedang mengalami masalah tidak nafsu makan maka ambilah 15 gram daun genjer segar, cuci hingga bersih dan kukus setengah matang dan dimakan sebagai lalapan, hal ini dapat membantu nafsu makan anda kembali seperti dulu lagi.

Kabar mencengankan lainya, bahwa tumbuhan genjer mengandung senyawa anti kanker tidak hanya flavanoid melainkan polifenol juga dapat mencegah kanker. Bahkan kandungan polifenol juga dapat mencegah penyakit jantung dan juga mencegah dari radikal bebas yang sering masuk ke dalam tubuh melalui berbagai macam cara serta dapat membantu sel-sel tubuh dari kerusakan.

Dapat disimpulkan bahwa tumbuhan genjer mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, hal ini dikarenakan kandungan gizi dan nutrusi didalamnya sangat baik untuk menjaga tubuh tetap fit dan terbebas dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh melalui berbagai macam cara. Demikian artikel yang saya bagikan semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal istilah tatanen sunda

Khasiat-kepala-belut

Mengenal-rambutan-aceh-plat