Wisata alam curug cijalu Subang

                           Air terjun cijalu


 Air terjun atau curug cijalu ini terletak di Desa Cipancar, kecamatan Sagalaherang kabupaten Subang propinsi jawa barat.

Asal muasal menurut orang tua setempat, sebelum dinamai Cijalu, warga setempat menyebutnya dengan curug Cikondang. Namun ketika jaman dahulu seorang pendekar (jawara) datang ke daerah ini,  sehingga nama cikondang berganti dengan nama Cijalu yang berarti cai dan jalu (bahasa sunda).

Curug cijalu ini berada dalam kawasan cagar Alam Gunung Burangrang yang sesungguhnya lebih pantas disebut Cagar alam Gunung Sunda yang memiliki luas 2 hektar dan termasuk hutan produksi.

Curug cijalu memiliki ketinggian lebih dari 70 meter,makanya ga kebayang kan betapa tingginya air terjun ini. Apalagi tumapahan airnya yang cukup deras menambah adrenalin bagi anda yang senang berpetualang dengan Alam, bila berkunjung ke kota Subang, anda patut untuk mampir ke wahana wisata alam curug cijalu ini.

Dulu sebelum dikelola menjadi Wahana wisata Alam, curug cijalu ini sudah sering di kunjungi oleh orang-orang keturunan dari tionghoa. Konon katanya menurut mereka curug cijalu ini dulunya tempat mandinya para bidadari, tutur seorang penduduk setempat yang sudah tinggal di sana lebih dari 60 tahun. Kepercayaan ini muncul karena ketika sinar matahari pagi memancar, curug tersebut akan bermunculan pelangi-pelangi kecil yang bermunculan dari air curug tersebut.

Jika anda akan melancong ke curug Cijalu, ini akses yang bisa anda tempuh.
Berjarak 37 km dari kota Subang ke arah selatan butuh satu jam perjalanan, atau sekitar 50 km dari kota Bandung ke arah Utara. Kondisi jalan umumnya ber aspal dan hanya sebagian kecil yang masih berupa jalan batu, dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal istilah tatanen sunda

Khasiat-kepala-belut

Mengenal-rambutan-aceh-plat