Kembang-suweg-hampir-mirip-bunga-bangkai


 Bunga yang ukuran raksasa ini ditemukan tumbuh di lahan perkebunan warga kp. Pangkalan desa Tanjung wangi kecamatan Cijambe. Bunga ini sekilas mirip dengan bunga bangkai,karena baunya yang sama seperti bunga bangkai,cuma bentuknya yang agak keriput.

 Menurut sesepuh atau orang tua jaman dulu bunga ini disebut Kembang suweg(sunda). Karena dahulu kembang suweg ini bisa di konsumsi dengan cara mengolah tangkainya bisa di oseng atau di kukus.

 Namun cara mengolahnya harus benar-benar bisa,karena kalau tidak bisa mengolahnya bisa berbahaya atau mengakibatkan keracunan,kata orang tua dulu sebelum mengolah kembang suweg ini harus terlebih dahulu membersihkan getahnya sampai benar-benar habis dan merendamnya supaya bau dari kembang suweg ini hilang.

 Mungkin jaman sekarang orang melihatnya terasa aneh dan menyangka kembang suweg ini adalah bunga bangkai dan sebagian orang lebih memilih mematikan kembang suweg ini karena mengeluarkan aroma bau yang tidak sedap,padahal dahulu kembang suweg ini banyak tumbuh di perkebunan yang lembab,bahkan orang tua jaman dahulu memanfaatkanya dengan mengolah kembang suweg ini sebagai makanan yang bisa di konsumsi.

 Apakah di kota anda juga ada kembang suweg ini,kalau misalkan anda menjumapi bunga seperti gambar diatas jangan heran karena bunga tersebut bukan bunga bangkai,melainkan kembang atau bunga suweg yang banyak tumbuh tersebar di sekitar perkebunan atau halaman yang cukup lembab.

 Semoga artikel ini busa menambah wawasan anda, Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal istilah tatanen sunda

Khasiat-kepala-belut

Mengenal-rambutan-aceh-plat