Mitos-tentang-daun-kelor

Menurut sesepuh(orang tua)jaman dahulu,pada jaman masa penjajahan nih,orang indonesia terkenal dengan ilmu magis nya atau ilmu goib.karena jaman dulu masih belum ada alat untuk melawan para penjajah,makanya dulu itu untuk memiliki ilmu magis,kekuatan atau kekebalan senjata pada tubuh itu seakan diwajibkan dan diberikan secara turun temurun.hingga saat ini pun budaya tersebut sebagian masih dijaga dan dilestarikan dikalangan-kalangan tertentu.
Konon juga kata leluhur atau sesepuh nenek moyang,jika orang yang mempunyai ilmu kebal senjata itu mempunyai pantrangan atau larangan untuk tidak melakukan hal yg bisa membuat ilmu orang tersebut hilang atau tidak berguna lagi,nah kebanyak dari semua pantrangan tersebut,kelemahan orang tersebut adalah dengan memukulkan daun kelor tersebut alhasil ilmu orang tersebut akan rontok dan takan ampuh lagi kebal senjata.
Dan konon katanya jika orang tua dulu yang mempunyai ilmu magis tersebut akan susah untuk meninggal walaupun usianya sudah sangat tua dan sering sakit-sakitan,karean ilmu magis tersebut sudah sakulit sadaki(mendarah daging).
Katanya jiwanya akan terasa berat karena khodam yang berada ditubuhnya.
Nah untuk membersihkan ilmu atau khodam dalam tubuh orang tersebut yaitu dengan memukul-mukulkan daun kelor tersebut dengan bantuan orang-orang pintar.
Nah percaya atau tidaknya itu tergantung penilaian dan sudut pandang para pembaca,karena didaerah saya khususnya(SUBANG).tradisi tersebut masih dilakukan pada orang yang sudah sakartul maut tapi susah untuk meninggal karena jiwanya ditahan sama khodamnya.
Semoga artikel pengalaman saya ini bisa bermanfaat.
Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal istilah tatanen sunda

Khasiat-kepala-belut

Mengenal-rambutan-aceh-plat