Mitos-tentang-bambu-kuning

Asalamuallaikum warohmatulahi wabarokatu.
Saya akan berbagi sedikit pengalaman saya tentang mitos bambu kuning atau haur koneng(sunda).menurut sesepuh(orang tua jaman dahulu)bambu kuning ini mempunyai aura yang cukup baik dan berkhasiat untuk penolak bala atau penolak hal-hal gaib yang akan mencelakakan orang yang akan ditujunya.
Dengan ditancapkanya bambu kuning di setiap pojokan rumah setan atau kiriman gaib yang berbau negatif takan bisa menembusnya karena mereka takut dengan bambu kuning.
Masyarakat daerah saya pun masih ada yang memanfaatkan bambu kuning tersebut sebagai penjaga diluar rumah dan di setiap atas pintu depan rumah selalu di gantungkan potongan bambu kuning yang di bungkus kain putih.
Selain itu juga bambu kuning bisa menetralisir orang yang mempunyai ilmu kebal.
Pernah kejadian dikampung saya,pencuri ternak warga yang tertangkap basah,karena masyarakat resah dengan ulah sipencuri lantas masa menghakimi pencuri tersebut dengan membabi buta,sudah bermacam-macam alat menghantam tubuhnya namun alhasil sipencuri tak sedikitpun merasa kesakitan.tak lama kemudian ada sesepuh(orang yang di tetuakan dikampung)menyarankan memakai bambu kuning tersebut untuk memukul sipencuri.salah seorang dari warga lantas mengambil bambu kuning tersebut dan setelah dipukulkan ke tubuh sipencuri,baru satu kali pukulan sipencuri teriak kesakitan minta ampun dan mengakui kesalahanya.
Mungkin cukup sekian saya berbagi pengalamanya,percaya atau tidaknya itu kembali lagi kepada tanggapan masing-masing.namun dari kejadian tersebut segalanya bisa terjadi karena Tuhan yang maha esa.
Semoga cerita pengalaman saya bisa menambah wawasan untuk yang membaca.
Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal istilah tatanen sunda

Khasiat-kepala-belut

Mengenal-rambutan-aceh-plat