Ki-tambleg-pohon-langak-didunia-hanya-ada-afrika-dan-subang

 Pohon ki tambleg(Adonsonia Digitata).adalah pohon yang termasuk langak dan hanya ada di afrika,tapi sangat menabjutakan pohon langka ini ada di indonesia dan tumbuh di kota subang-jawa barat.pohon ini menjadi ikon konservasi.
 Pohon ini tumbuh di Desa manyingsal kecamatan pagaden kabupaten subang.
 Jenis pohon ini sangat langka didunia maupun di indonesia.disubang pohon ini disebut ki tambleg tapi ada yang menyebutnya asem buta atau asem babi(bahasa setempat).bahas latin dari pohon ini Adonsonia digitata.

 Di afrika pohon ini disebut baubab afrikan,kata badan lindungan hidup kabupaten subang. H.Aminudin dari imformasi yang diperoleh pohon ini,pohon kitambleg termasuk pohon tertua di dunia,adanya di kota kafe fir Afrika usianya mencapai 5.150 tahun.sedangkan di indonesia awalnya ada di kabupaten subang.sebab pohon jenis ini yang sama didaerah lain,seperti blitar,UI,IPB hingga dikebun raya bogor semua diambil dari Subang.ada empat pohon kitambleg dikebun raya bogor itu di ambil dari daerah manyingsal kabupaten subang tahun 1952 lalu.

 Dikatakan Aminudin,pihaknya tidak mengetahui pasti kapan jenis pohon tersebut masuk ke Subang.namun berdasarkan impormasi pohon itu sudah ada sejak ratusan tahun lalu,sebelum jaman portugis.
 Putus impormasinya,tapi dari kesaksian orang tertua di sukamandi yang usianya sekitar 90 tahun mengatakan saat ia masih kecil pohon tersebut sudah sebesar itu,katanya.
 Keberadaan pohon tersebut tersebar di beberapa daerah seperti Manyingsal Cipunagara,Purwadadi dan Cikaum.beberapa pohon sudah diambil ke jakarta,jateng,termasuk, UI dan IPB.
 Pohon tersebut mempunyai kemampuan menyerap air sangat besar.ketika pohon tersebut sudah berbuah,satu pohon bisa menyimpan 4,500 liter air.kemudian kandungan vitamin C buahnya tinggi diperkirakan 6 kali lipat dari buah jeruk.lapisan buahnya bisa dijadikan krim.buahnya sangat asam,kalau dikonsumsi langsung.
 Pohon itu harus dilestarikan,saat ini pohon tersebut usianya diperkirakan ratusan tahun dan tingggal 12 pohon lagi.jadi upaya pelestarian harus dilakukan.

 Demikian artikel yang saya bagikan,semoga menambah wawasan pembaca.
Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal istilah tatanen sunda

Khasiat-kepala-belut

Mengenal-rambutan-aceh-plat