Pernahkah-anda-naik-sisingaan


 Sisingaan adalah seni tradisional yang berasal dari kota Subang jawa barat,sampai saat ini pun tradisi ini masih tetap dipertahankan.

 Biasanya tradisi sisingaan atau arak-arakan dilaksanakan pada musim hajatan tiba,tradisi sisingaan bertujuan untuk memeriahkan acara dan sekaligus sebagai acara syukuran anak laki-laki yang sudah di sunat atau selesai khitanan.

 Pernahkah anda naik sisingaan?mungkin di kota lain masih jarang bahkan belum pernah ada yang naik sisingaan seperti tradisi di kota subang,uniknya lagi setiap warga Subang mungkin pernah merasakan naik sisingaan waktu masih anak-anak,entah di acara hajatan sendiri atau ikut menumpang di hajatan orang lain,yang jelas tradisi naik sisingaan ini seperti wajib untuk setiap anak yang berada di kota Subang asli.

 Karena saya pun pernah naik sisingaan,bahkan sudah tiga kali naik sisingaan.pengalaman naik sisingaan pertama sih terasa takut jatuh tapi lama kelamaan malah asik dan untuk yang kedua kalinya saya naik di hajatan tetangga.untuk menumpang naik sisingaan di hajatan orang lain,kita hanya membayar sebagian kepada yang mempunyai hajatan tersebut,ya kalo yang naiknya empat orang,berati pembayaranya di bagi empat juga tergantung banyaknya yang naik sisingaan.

 Biasanya sisingaan dimulai sekitar jam 13.00 sampai jam 17:00 sore,mengerilingi desa dengan diringin musik gamelan tradisional seperti terompet,kendang,goong dll.

Nah bagi anda yang penasaran seperti apa tradisi sisingaan dan ingin anaknya naik sisingaan,anda bisa berkunjung ke kota Subang,tapi harus pas musim hajatan tiba.dijamin deh jika anak anda naik sisingaan,yang awalnya takut pasti akan ketagihan alias ga mau turun he...

Sekian artikel yang saya bagikan,semoga menambah wawasan anda.
Terimakasih.


Comments

Popular posts from this blog

Mengenal istilah tatanen sunda

Khasiat-kepala-belut

Mengenal-rambutan-aceh-plat