Mengenal-bahan-dasar-pembuatan-keramik-lantai

Mengenal bahan dasar pembuatan keramik lantai.jaman dahulu lantai rumah hanya memakai plesteran atau tehel.
Seiring berkembangnya jaman,sekarang sudah hampir semua lantai rumah memakai keramik.karena kualitas keramik yang bagus,memiliki banyak waran dan juga gambar menarik.sehingga sudah jarang sekali pemakaian tehel untuk lantai rumah.

Namun sudah tahukah bahan apa saja untuk pembuatan keramik lantai.
Saya akan mengupas tentang bahan dasar pembuatan keramik lantai.
Bahan dasarnya adalah air,calcium/kapur dan tanah liat yang memiliki kadar air yang cukup bagus,dan pasir banjar(pasir dari banjar negara).
Biasanya tanah liat yang dipilih harus daging tanahnya atau tanah liat yang diambil dari kedalaman 5 meter,karena teksturnya yang lembut bisa menghasilkan kualitas lumpur yang halus.

Adapun tanah pasir yang berguna untuk perekat atau penguat proses press/pengepressan menjadi keramik mentah/biskuit.

Semua tanah ini di milling atau di aduk hingga menjadi lumpur dengan alat khusus yang sudah disediakan.adapun tambahan bahan cairan yang namanya water glaze(beling atau kaca cair).cairan ini yang berguna sebagai pelebur tanah hingga menjadi lumpur yang halus.
Karena jika tanpa water glaze,hasil gilingan tanah dan air akan menjadi lumpur yang menggumpal ata masih mentah/kasar.

Proses penggilingan pun dilakukan selama 8 jam,setelah menjadi lumpur lembut.lumpur akan di cek kadar airnya,kekentalanya dan residu(dedek).
Setelah pengecekan memenuhi standar pemakaian,lumpur siap di Tap atau di bongkar ke tempat penampungan khusus yang disebut under groud/ruang bawah tanah/smentank.

Jadi keramik lantai itu berbahan dasar tanah dan pasir,air,water glaze dan calcium yang di mix menjadi lumpur halus dan lembut.

Demikian artikel yang saya bagikan,semoga menambah wawasan pembaca.
Nekt akan saya postingkan tentang pembakaran lumpur hingga menjadi bubuk powder dan siap untuk dicetak menjadi keramik stengah jadi.

Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal istilah tatanen sunda

Khasiat-kepala-belut

Mengenal-rambutan-aceh-plat