Mata-air-di-pematang-sawah


  Melihat sumur di ladang atau di pematang sawah teringat masa kecil saya dulu.karena jaman dulu masih jarang yang mempunyai sumur di dalam rumah,jadi banyak masyarakat yang memanfaatkan sumber mata air yang berada di pematang sawah,penduduk setempat menyebutnya denga nama Ci nyusu(sunda).

 Setiap pagi dan sore sumur yang ada di pematang sawah ini selalu ramai warga berdatangan untuk mandi dan mengambil air untuk di bawa pulang.karena air yang jernih dan bersih,warga yang berada di sawah sengaja datang mengambil air untuk diminum,disamping jernih mata air ini pun bisa langsung diminum,kebiasaan ini pun sudah biasa dilakukan warga setempat dan tak berdampak buruk pada kesehatan.

 Menurut sesepuh atau orang tua jaman dulu,sumur yang berada di pematang sawah ini sudah lama ada dan dari dulu juga sudah dimanfaatkan untuk kebutuhan mandi,minum dan lainya.uniknya lagi sumur ini seperti tak ada habisnya sampai saat ini,ketika musim kemarau tiba sumur warga pun kekeringan tapi sumur yang berada di pematang sawah ini air nya tak surut sedikitpun.

 Selain bersih dan jernih,air sumur ini lebih terasa sejuk dan dingin dibanding air yang berada di pemukiman warga,makanya warga sering meminum langsung air dari sumur ini.

 Hingga saat ini pun sumur yang berada di pematanga sawah ini masih ada walau pun warga sudah jarang menggunakanya untuk mandi,tapi masih ada sebagian yang memanfaatkanya untuk mengairi sawah terdekat.

 Sekian artikel yang saya bagikan,semoga menambah wawasan pembaca.
 Terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal istilah tatanen sunda

Khasiat-kepala-belut

Mengenal-rambutan-aceh-plat